Mengenal LEBIH DEKAT

SMK DOMINIKUS

Sekolah Dominikan Indonesia

Sekolah Dominikan Indonesia berada di bawah naungan Kongregasi Suster-Suster Santo Dominikus di Indonesia atau biasanya disebut Kongregasi Suster OP. 

Sekolah Dominikan Indonesia dikelola oleh Yayasan Santo Dominikus (YSD), yayasan yang ditugasi oleh kongregasi Suster OP. sesuai namanya pelindung para Suster OP dan YSD adalah Santo Dominikus. Maka semangat dan spiritualitas yang dikembangkan di seluruh karya para suster OP adalah spiritualitas Santo Dominikus.

Ada enam semangat Santo Dominikus yang dikembangkan dan dihidupi di sekolah-sekolah Dominikan Indonesia adalah : berdoa, belajar, memulai dari apa yang ada, belarasa, demokrasi, serta kegembiraan dan persaudaraan. 

Identitas sekolah Dominikan Indonesia yang akan dicapai adalah UTUH, CERDAS, CINTA KEBENARAN dengan motto Be Smart In VERITAS. 

Untuk dapat mencapai identitas sekolah Dominikan sebagaimana menjadi cita-cita bersama maka diaktualisasikan dalam bingkai kinerja sekolah Dominikan Indonesia tahun 2014/2015 sampai 2019/2020. 

Bingkai kinerja sekolah Dominikan Indonesia dijabarkan dalam 6 (enam) fokus tema, yaitu Tahun Kedisplinan dan Kebersihan, Tahun Utuh, Tahun Cerdas, Tahun Cinta Kebenaran, Tahun Kontemplasi dan Tahun Pewarta. Maka pada tahun pelajaran 2016/2017 ini adalah Tahun CERDAS dan fokus capaian adalah menjadi pribadi BERSIH, DISIPLIN, UTUH dan CERDAS. Seluruh kegiatan dan proses di sekolah mengarah pada capaian menjadi pribadi yang BERSIH, DISIPLIN, UTUH, dan CERDAS.

Yayasan Santo Dominikus memiliki 4 (empat) kantor cabang yaitu Kantor Cabang Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon, dan Cimahi. Untuk Kantor Cabang Yogyakarta memiliki beberapa unit sekolah yaitu: SD Kanisius Joannes Bosco Baciro, SMP Joannes Bosco, TK Fatima dan SD Fatima Rowoseneng, SMA dan SMK Dominikus Wonosari. Kantor YSD Pusat beralamat di Jalan Solo Km. 9, Maguwoharjo PO BOX 48 YKAP Yogyakarta 55282.

Sejarah Singkat SMK Dominikus Wonosari

Kecenderungan masyarakat pada era sekarang menyekolahkan anaknya ke sekolah kejuruan agar anaknya memiliki kemampuan keterampilan dalam memasuki dunia kerja sebagai bekal dan kelanjutan kehidupan masa depan (arah masyarakat cenderung bekerja)

Di kecamatan Wonosari lulusan SMA yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi prosentasenya sangat sedikit, termasuk lulusan SMA Dominikus Wonosari. Lulusan SMA dalam mencari pekerjaan terbentur pada kemampuan keterampilan yang dibutuhkan dalam lapangan kerja tersebut

Berdasarkan pada kenyataan di atas, Yayasan  Santo Dominikus Pusat dan jajaran di bawahnya  Yayasan  Santo Dominikus Cabang Yogyakarta memandang perlu mendirikan sekolah kejuruan dengan program jurusan yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  

Pendirian SMK Dominikus Wonosari mendapat dukungan dari berbagai pihak, Guru, Komite SMA Dominikus Wonosari dan Tokoh Masyarakat. 

Tepatnya tgl 19 Juni 2009 SMK Dominikus berdiri dengan program keahlian Akuntansi.  Gedung sekolah ini masih bergabung di lokasi SMA Dominikus dengan semua sarana prasarananya. Pada awalnya guru-guru yang mengajar di SMA juga mengajar di SMK.  

Pada tahun ke 2 SMK Dominikus membuka program keahlian baru yaitu TI-Animasi. Dan mulai tahun ke 2, SMK Dominikus mulai banyak bantuan dari pemerintah dan Yayasan, mulai dari dana bantuan pembuatan gedung, alat–alat sampai sarana prasarana yang ada saat ini. Dengan demikian baik secara intern maupun ekstern SMK Dominikus dikelola penuh oleh Yayasan Santo Dominikus.

Setelah genap 7 tahun SMK Dominikus  berdiri, pada tahun 2016 ini kembali membuka jurusan baru yaitu kompentensi keahlian Teknik Sepeda Motor. Pembukaan jurusan ini merupakan jawaban dari banyaknya kebutuhan masyarakat Kabupaten Gunungkidul akan tenaga kerja di bidang Teknik Sepeda Motor. Dan juga dalam rangka mempererat kerja sama dengan pihak DU/DI. 

alamat

Jl. Mgr. Sugiyopranoto SJ, No.29 Baleharjo Wonosari Gunungkidul Yogyakarta

website : http://www.smkdominikus.com

nO tELEPON

0274-391491

e-MAIL

smkdominikuswonosari@yahoo.com

Instagram

@smkdominikuswonosari

Maju bersama

SMK dominikus wonosari